Rabu, 20 Januari 2010

Astra-Daihatsu ( GranMax D88 ) Vs Indomobil-Suzuki (APV )

Mungkin jika ada yang tahu... di Tahun 2009 ini, Katanya Daihatsu sudah menjadi pemain otomotif nomor 3 Di Indonesia, menggeser Suzuki di Nomor 4. Entah karena Indomobil yang sedang melempem karena ditinggal iconnya Mr.Soebronto Laras atau memang karena semakin solidnya group Toyota ( Sister Company Daihatsu ) di Indonesia.

Mungkin juga kita tau juga, Mobil Daihatsu Gran Max.. dengan Tagline "Masih MuAat"
baik untuk Pick-Up ataupun untuk MiniBusnya. Di jalan sudah semakin banyak, dan jika kita berjalan-jalan di daerah Kota - Mangga2 akan terlihat adanya peremajaan angkot. Dimana biasanya angkot di kota adalah Toyota Kijang Capsule, Sekarang yang banyak berseliweran adalah Gran-Max.

Walaupun jujur, menurut penulis. Bentuk Depan dari Gran-Max agak-agak lucu, dan sangat tipikal dengan MiniBus.

Penulis mempunyai sedikit Informasi nie. terkait dengan Informasi dari Koran Otomotif edisi minggu 1 February, Tentang ancang-ancang keluarnya New ModeL untuk Daihatsu GranMax dengan COde D88.
Analis penulis, mobil baru tersebut akan head-to Head dengan APV nya Indomobil Suzuki. Jika begitu hal ini akan semakin memanaskan situasi persaingan diantara dua Perusahaan Otomotif besar nasional - Astra dengan Daihatsunya Vs Indomobil dengan Suzukinya. Situasi yang kentara juga terjadi di dunia Motor antara Yamaha Vs Honda.

Penulis memiliki Bocoran nie, dari Kenalan Penulis yang bekerja di Daihatsu::



Spesifikasi standar dari D88 ::

Interior
Setelah tampilan luar, dalamnya pun turut dipermewah. Salah satunya seluruh interior dibuat bernuansa cokelat layaknya Daihatsu Terios. Baik lapisan jok, doortrim hingga kelir dasbor dan steering wheel. Sementara itu, model dasbor juga memakai kepunyaan Gran Max dengan tuas transmisi menempel di tengah. Bentuk steering wheel masih mempertahankan model lama. Namun head unit diganti dengan 2-DIN kepunyaan Terios.

Selain itu, model jok tengah dan belakang turut diubah untuk menambah kenyamanan. Yakni, semua bangku menghadap ke depan (front facing) dan menggunakan model Flexi Seat mirip Terios. So, jok belakang maupun tengah bisa dilipat dan diatur dengan mudah.

Mesin dan Transmisi
Mesin tetap mengusung milik Gran Max. Namun, di varian barunya nanti tidak lagi tersedia mesin 1.300 cc, hanya disiapkan versi 1.500 cc (3SZ-VE) seperti yang juga diaplikasi di Terios dan Toyota Avanza S.

Bocorannya:: Katanya sudah Integrated ABS ( Auto-Breaking System ) Ntah Benar atau Tidak Huh

Harga
Untuk harga jualnya, pihak ADM belum berani mengungkapkannya. Tapi, berdasar sumber, Gran Max Van ini bakal dilego di kisaran Rp 120-130 jutaan (OTR). Itu artinya, sedikit lebih mahal dari banderol Gran Max 1.5 D PS Optima (tipe tertinggi) yang seharga Rp 121,650 juta (OTR).

Sedangkan bila disanding dengan kompetitor yang sama-sama bermesin 1.500 cc, Gran Max baru ini lebih kompetitif. Contoh APV Arena paling murah dijual Rp 143,5 juta (tipe GX M/T). Sementara New Avanza paling murah Rp 152,4 juta (tipe S M/T).

Summary::

Jadi Yag patut kita tunggu adalah, apakah Indomobil bakal diam saja ??
Sperti sudah jatuh, tertimpa tangga, Dimana Maket Share direbut, kemudian Unit kebanggaannya yaitu Suzuki APV - Arena juga sednag dicecar !!!
Kita Tunggu Saja Gebrakan dari INDOMOBIL !!!! afro

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008